Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Jigsaw Terhadap Tingkat Pengetahuan Konsep Diri Remaja

Indra Andili Ngelo, Syenshie Virgini Wetik

Abstract


Banyaknya permasalahan yang terjadi pada remaja saat ini, berdampak pada konsep diri remaja. Remaja yang memiliki konsep diri kurang baik akan mengalami bingung peran pada tahap perkembangan selanjutnya. Hal ini ditandai dengan tidak mengenal identitas dirinya sendiri, tidak menyukai bagian tubuhnya, merasa bingung dan bimbang, menarik diri, gampang dipengaruhi, serta memiliki pergaulan yang negatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan metode jigsaw terhadap tingkat pengetahuan konsep diri pada remaja. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimetal. Populasi pada penelitian ini berjumlah 75 orang siswa/i dengan jumlah sampel 60 responden. Pemilihan sample menggunakan teknik purposive sampling. Hasil uji man whitney pre-post kelompok kontrol memperoleh mean rank 19.40 dan post-test kelompok perlakuan memperoleh nilai mean rank 41.60 dengan nilai  p-value 00.00 (p < 0,05). Sehingga disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan  antara pengaruh pendidikan kesehatan metode jigsaw terhadap tingkat pengetahuan konsep diri remaja di SMK Baramuli Airmadidi.

 Kata Kunci: metode jigsaw; pengetahuan remaja; konsep diri


Full Text:

PDF

References


Abdul Rahman (2015). Psikologi sosial. PT Raja Grafindo Persada:Jakarta

Alligood, M. (2014). Pakar Teori Keperawatan dan Karya Mereka Edisi Indonesia Ke-8 Volume 1. Singapura: ELSEVIER.

Budiono (2011). Metodelogi Pendidikan. Surakarta: UNS Pers

Donsu. (2017). PSIKOLOGI KEPERAWATAN. Yogyakarta: PUSTAKA BARU PRESS.

Effendi dan Makhfudli. (2009). Keperawatan Kesehatan Komunitas Teori dan Praktik dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Hurlock, E.B (2011). Devolepmental Psychology: A Lifepan Approach. (diterjemahkan oleh Istiwidyanti). Jakarta: Erlangga Gunasara

Ikatan Dokter Indonesia (IDAI). (2015). http://www.idai.or.id/artikel/uncategorized/penelitian-kualitas-hidup-anak-aspek-penting-yang-sering-terlewatkan,

Ifdil. (2017). Hubungan body image dengan kepercayaan diri pada remaja. kesehatan pisikologi.

Jahja, Y. (2011). Psikologi Keperawatan. Jakarta: Penada Media Grup.

Jaya. (2015). Keperawatan Jiwa. Tangerang Selatan: BINARUPA AKSARA.

Natoatmodjo, S. (2009). Pendidikan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam & Evendi (2009) Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Media

Nigsih, M., & Mistina, H. (2018). Teori dan praktik berbagai metode pembelajaran. surakarta: percetakan persero CV.

Siswanto dkk. (2016). Metodologi Penelitian Kesehatan dan Kedokteran. Yogyakarta: Bursa Ilmu.

Soekidjo, N. (2014). Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: CV Budi Utama.

Susanto, A. (2018). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Konsep,Teori dan Aplilasi. jakarta: Penademedia Groub.

Suyanto. (2011). Metodelogi Dan Penelitian Keperawatan. Yogyakarta: Haikhi.

Suyanto. (2011). Metodologi dan Aplikasi Penelitian Keperawatan. Yogyakarta: Nuha Medika

Zola, dkk (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja Serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi




DOI: http://dx.doi.org/10.46815/jkanwvol8.v9i1.91

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View All Archives

Publisher
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngesti Waluyo
Jl. Pahlawan Parakan Temanggung
Telp. (0293) 596374
Faks. (0293) 596111