Terapi Bermain Origami Untuk Menurunkan Kecemasan Anak Usia Prasekolah Selama Hospitalisasi
Abstract
Kecemasan merupakan salah satu distres psikologis ketika anak dirawat di rumah sakit. Terapi bermain dapat diberikan untuk mengatasi persoalan tersebut. Salah satu terapi bermain yang sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak usia pra sekolah adalah kegiatan origami. Penelitian membuktikan kegiatan origami dapat menurunkan tingkat kecemasaan anak usia pra sekolah yang mengalami hospitalisasi, namun masih diperlukan pembuktian selanjutnya dengan menambahkan jumlah sampel dan dengan uji statistik yang berbeda. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh terapi bermain origami untuk menurunkan kecemasan pada anak usia pra sekolah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimental dengan rancangan one group pretes-post test yang dilakukan di dua rumah sakit daerah di Jawa Tengah. Sampel penelitian ini adalah pasien anak usia pra sekolah sebanyak 70 orang yang mengalami kecemasan dan baru pertama kali dirawat di rumah sakit. Teknik pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling. Kecemasan anak diukur sebelum dan sesudah dilakukan terapi bermain origami menggunakan Preschool Anxiety Scale (PAS). Data dianalisis dengan menggunakan uji alternatif Wilcoxon dengan hasil p value < 0,001. Disimpulkan bahwa terapi bermain origami dapat menurunkan kecemasan anak usia pra sekolah yang mengalami hospitalisasi. Perawat dapat menerapkan terapi bermain origami pada anak usia pra sekolah yang mengalami kecemasan saat dirawat di rumah sakit dengan melibatkan orang tua. Penelitian selanjutnya dapat mengukur keefektifan terapi bermain origami untuk menurunkan kecemasan dengan kelompok kontrol dan dengan jumlah sampel yang lebih banyak.
Kata kunci: anak usia pra sekolah; terapi bermain; hospitalisasi; kecemasan; origami
Full Text:
PDFReferences
Al-ihsan, M., Santi, E., & Setyowati, A. (2018). Terapi Bermain Origami Terhadap Kecemasan Anak Usia Prasekolah. Dunia Keperawatan, 6, 63–70. https://doi.org/10.20527/dk.v6i1.5086
Bsiri-Moghaddam, K., Basiri-Moghaddam, M., Sadeghmoghaddam, L., & Ahmadi, F. (2011). The concept of hospitalization of children from the view point of parents and children. Iranian Journal of Pediatrics, 21(2), 201–208.
Davidson, B., Satchi, N. S., & Venkatesan, D. L. (2017). Effectiveness of play therapy upon anxiety among hospitalised children. International Journal of Advance Research, Ideas and Innovations in Technology, 3(5), 441–444. Retrieved from https://www.ijariit.com/manuscripts/v3i5/V3I5-1295.pdf
Hockenberry, M. J., & Wilson, D. (2015). Wong’s nursing care of infants and children (10th ed.). Missouri: Elsevier Inc.
Jones, M. (2018). The necessity of play for children in health care. Pediatric Nursing, 44(6), 303–305. Retrieved from http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=ehh&AN=133645947&site=ehost-live
Juwita, H. (2019). Effectiveness of Multimodal Interventions Play Therapy: Colouring and Origami Against Anxiety Levels in Toddler Ages. Journal of Health Science and Prevention, 3(3S), 46–51. https://doi.org/10.29080/jhsp.v3i3s.288
Kodiriya, N. S., Munir, Z., Kholisotin, K., Fauzi, A. K., & Wahid, A. H. (2019). The effectiveness of playing Clay and Origami therapy to reduce anxiety pediatric patients hospitalized. Jurnal Aisyah : Jurnal Ilmu Kesehatan, 4(2), 151–160. https://doi.org/10.30604/jika.v4i2.200
Koukourikos, K., Tzeha, L., Pantelidou, P., & Tsaloglidou, A. (2015). The importance of play during hospitalization of children. Materia Socio Medica, 27(6), 438. https://doi.org/10.5455/msm.2015.27.438-441
Mathew, C. S., & H, D. C. (2018). Effectiveness of origami on hospitalized anxiety among children. International Journal of Advance Research and Development, 3(8), 169–173.
Merriam-Webster. (2015). Merriam Webster Dictionary. Retrieved April 24, 2020, from Merriam-Webster Inc. website: http://www.merriam-webster.com/dictionary/quality
Nishida, Y. (2019). Something old, something new, something borrowed, and something froebel? The development of origami in early childhood education in Japan. Paedagogica Historica, 55(4), 529–547. https://doi.org/10.1080/00309230.2018.1546330
Potts, N. L., & Mandleco, B. L. (2012). Pediatric nursing, caring for children and their families. In Usa.
Sadeghian, E., Seif, M., Aahmadi nia, H., & Khalili, A. (2019). The effect of preparation for hospitalization on cchool-Age children’s anxiety during admission at Hamadan Besat Educational Hospital. Avicenna Journal of Nursing and Midwifery Care, 27(3), 149–155. https://doi.org/10.30699/ajnmc.27.3.149
Setiawati, W. (2019). Increasing creativity of early childhood through origami playing activities. Jurnal Empowerment, 8(1), 81–89. https://doi.org/10.22460/empowerment.v8i1p81-89.1163
Vasli, P., & Salsali, M. (2014). Parents’ participation in taking care of hospitalized children: a concept analysis with hybrid model. Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, 19(2), 139–144. Retrieved from http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24834082%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC4020022
Widayati, S., Simatupang, N. D., & Sari, P. P. (2019). The Impact of Adduction of Folding Paper Stages for Children’s Fine Motor Skills. Advance in Social Science, Education and Humanities Research, 387(Icei), 62–65. https://doi.org/10.2991/icei-19.2019.14
Wilkins, L. W. &. (2014). Pediatric Nursing Made Incredibly Easy. In M. Meadows-Oliver (Ed.), Wolters Kluwer Health (Second, Vol. 29). https://doi.org/10.1097/00152193-199905000-00020
Zimmer-Gembeck, M. J., & Skinner, E. A. (2011). The development of coping across childhood and adolescence: An integrative review and critique of research. International Journal of Behavioral Development, 35(1), 1–17. https://doi.org/10.1177/0165025410384923
DOI: http://dx.doi.org/10.46815/jkanwvol8.v9i1.89
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View All Archives
Publisher
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngesti Waluyo
Jl. Pahlawan Parakan Temanggung
Telp. (0293) 596374
Faks. (0293) 596111