Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Kesehatan Reproduksi Pada Remaja

Qory Tifani Rahmatika, La Ode Abd Rahman

Abstract


Healthy People 2020 menjadikan kesehatan reproduksi sebagai indikator kesehatan utama untuk kelompok usia remaja. Dengan pengguna aktif di Indonesia mencapai 130 juta dan sebagian besar adalah kelompok usia remaja, media sosial berpotensi digunakan sebagai sarana promosi kesehatan reproduksi dalam meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku kesehatan reproduksi pada remaja. Tujuan dari studi literatur ini yaitu menelaah pengaruh media sosial sebagai metode promosi kesehatan reproduksi pada remaja. Studi literatur dipilih sebagai metode dalam penulisan ini dengan mengumpulkan literatur dari database ProQuest, Science Direct, dan Sage Journals. Literatur yang dipilih adalah jurnal full text berbahasa Inggris. Hasil dari studi literatur ini yaitu beberapa studi menggunakan media sosial sebagai strategi intervensi tunggal maupun kombinasi dengan intervensi yang lain dalam melakukan promosi kesehatan reproduksi pada remaja. Studi menunjukkan hasil yang efektif dari media sosial sebagai media promosi kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku kesehatan pada remaja yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi. Disimpulkan bahwa media sosial memiliki keefektifan untuk digunakan oleh tenaga kesehatan termasuk perawat sebagai strategi promosi kesehatan reproduksi pada remaja.

 

Kata Kunci: Media Sosial, Promosi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi Remaja

Full Text:

PDF

References


Aragão, J. M. N., Gubert, F. do A., Torres, R. A. M., Silva, A. S. R. da, & Vieira, N. F. C. (2018). The use of Facebook in health education : perceptions of adolescent students. 71(2), 265–272.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJJI). (2018). Jakarta: MarkPlus.

Bull SS, Levine DK, Black SR, Schmiege SJ, Santelli J. Social media-delivered sexual health intervention: a cluster rando-mized controlled trial. Am J Prev Med 2012; 43: 467-74.

Byron, P., Albury, K., & Evers, C. (2013). “It would be weird to have that on facebook”: Young people’s use of social media and the risk of sharing sexual health information. Reproductive Health Matters, 21(41), 35–44. https://doi.org/10.1016/S0968-8080(13)41686-5.

Chu SKW, Kwan ACM, Reynolds R, Mellecker RR, Tam F, Lee G, et al. Promoting sex education among teenagers through an interactive game: reasons for success and implications. Games Health J 2015; 4: 16874.

Condran, B., Gahagan, J., & Isfeld-kiely, H. (2017). A scoping review of social media as a platform for multi-level sexual health promotion interventions. 26(1), 26–37, https://doi.org/10.3138/cjhs.261-A1.

Dunne, A., Mcintosh, J., & Mallory, D. (2014). Adolescents, Sexually Transmitted Infections, and Education Using Social Media: A Review of the Literature. TJNP: The Journal for Nurse Practitioners, 10(6), 401-408.e2. https://doi.org/10.1016/j.nurpra.2014.03.020.

Erin, W., Green, C., Debattista, J., Somerset, S., & Adem, S. (2019). New digital media interventions for sexual health promotion among young people : a systematic review. 101–123.

Gabarron, E., & Wynn, R. (2016). Use of social media for sexual health promotion : a scoping review. 1(3).

Golden, S.D., & Earp, J.A. (2012). Social ecological approaches to individuals and their contexts: twenty years of health education & behavior health promotion interventions.Health Education & Behavior, 39(3), 364–372. Medline:22267868 http://dx.doi.org/

Gold, J., Pedrana, A. E., Sacks-Davis, R., Hellard, M. E., Chang, S., Howard, S., … Stoove, M. (2011). A systematic examination of the use of online social networking sites for sexual health promotion. BMC Public Health, 11, 583.

Guinta, M. R., & John, R. M. (2018). Social Media and Adolescent Health. 44(4).

Lelutiu-Weinberger, C., Pachankis, J. E., Gamarel, K. E., Surace, A., Golub, S. A., & Parsons, J. T. (2015). Feasibility, Acceptability, and Preliminary Efficacy of a Live-Chat Social Media Intervention to Reduce HIV Risk Among Young Men Who Have Sex With Men. AIDS and Behavior, 19(7), 1214–1227. https://doi.org/10.1007/s10461-014-0911-z

Pascoe, C.J. (2011). Resource and risk: Youth sexuality and new media use.Sexualiy Research and Social Policy, 8(1), 5–17. Retrieved from http://link.springer.com/journal/13178

Pfeiffer, C., Kleeb, M., Mbelwa, A., & Ahorlu, C. (2014). The use of social media among adolescents in Dar es Salaam and Mtwara , Tanzania The use of social media among adolescents in Dar es Salaam. RHM, 22(43), 178–186. https://doi.org/10.1016/S0968-8080(14)43756-X

Reid Chassiakos, Y., Radesky, J., Christakis, D., Moreno, M., & Cross, C. (2016). Children and adolescents and digital media. Pediatrics 138(5). doi:10.1542/peds.2016.2593

Ressler, P.K., & Glazer, G. (2011). Legislative: Nursing’s engagement in health policy and healthcare through social media. The Online Journal of Issues in Nursing, 16(1). Retrieved from http://www.nursingworld. org/MainMenuCategories/ANAMarketplace/ANAPeriodicals/OJIN/ TableofContents/Vol-16-2011/No1-Jan-2011/Health-Policy-and-Healthcare-Through-Social-Media.htm

SDKI. (2017). Survei Demografi Kesehatan Indonesia: Kesehatan Reproduksi Remaja. Jakarta: BPS

Todaro, E., Silvaggi, M., Aversa, F., Rossi, V., Nimbi, F. M., Rossi, R., & Simonelli, C. (2018). Are Social Media a problem or a tool ? New strategies for sexual education ଝ. Sexologies, 27(3), e67–e70. https://doi.org/10.1016/j.sexol.2018.05.006

Queiroz, M. V. O., Lucena, N. B. F. de, Brasil, E. G. M., & Gomes, I. L. V. (2011). Cuidado ao adolescente na atenção primária: discurso dos profissionais sobre o enfoque da integralidade TT - Care to adolescents in primary assistance: professionals’ discourse about the focus of comprehensiveness. Rev. RENE, 12(n.esp), 1036–1044. Retrieved from http://www.revistarene.ufc.br/revista/index.php/revista/article/download/333/pdf

Veale HJ, Sacks-Davis R, Weaver ER, Pedrana AE, Stoove´ MA, Hellard ME. The use of social networking platforms for sexual health promotion: identifying key strategies for successful user engagement. BMC Public Health 2015; 15: 85

We Are Social & Hootsuite. (2018). Digital 2018: Essential Insights Into How People Around The World Use The Internet, Mobile Devices, Social Media, and E-Commerce. We Are Social & Hootsuite, 76. Retrieved from https://es.slideshare.net/DataReportal/digital-2019-argentina-january-2019-v01?from_action=save




DOI: http://dx.doi.org/10.46815/jkanwvol8.v8i1.48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View All Archives

Publisher
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngesti Waluyo
Jl. Pahlawan Parakan Temanggung
Telp. (0293) 596374
Faks. (0293) 596111