Analisis Hubungan Antara Karakteristik Keluarga Dalam Merawat Klien Isolasi Sosial Dengan Kemampuan Klien Bersosialisasi Di Wilayah Kerja Puskesmas Nangkaan Kabupaten Bondowoso Jawa Timur

Komarudin Komarudin

Abstract


Perceptorship  merupakan strategi pembelajaran klinik, yang ditujukan membantu seorang calon perawat memasuki dunia keperawatan yang menguasai pengetahuan, sikap, ketrampilan dan komunikasi yang efektif agar dapat memberikan asuhan keperawatan sesuai kewewangan dan tanggungjawabnya. Pelatihan  Perceptorship  bagi Pembimbing Klinik diharapkan dapat memberi bimbingan yang memuaskan bagi Mahasiwa yang akan mengikuti praktek klinik di suatu Rumah Sakit. Tujuan penelitian yaitu untuk melihat pengaruh pelatihan perceptorship terhadap tingkat pengetahuan, sikap pembimbing klinik dan kepuasan mahasiswa dalam proses bimbingan di klinik. Penelitian ini menggunakan Mixed Methods. Penelitian kuantitatif dengan rancangan “pre test and post test”, menggunakan Uji Paired Sample T Test. Pada penelitian kualitatif menggunakan wawancara mendalam dengan panduan yang telah disiapkan.  Objek penelitian kuantitatif adalah semua pembimbing klinik sebanyak 24 orang yang mengikuti  pelatihan perceptorship, , responden penelitian kualitatif adalah mahasiswa yang mendapatkan bimbingan dari pembimbing klinik yang telah mendapatkan pelatihan perceptorship. Uji Paired Sampel T Test menunjukkan hasil pre test dan post test pelatihan perceptorship dengan signifikansi p=0.000, dan hasil wawancara mendalam kepada semua responden terhadap proses bimbingan klinik menunjukkan respon yang baik, senang dan puas terhadap proses bimbingan di klinik. Disimpulkan bahwa ada pengaruh pelatihan perceptorship terhadap tingkat pengetahuan, sikap pembimbing klinik, dan terdapat kepuasan mahasiswa yang  mendapat bimbingan dari para pembimbing klinik yang telah mendapatkan pelatihan perceptorship.

 

Kata Kunci : Perceptorship, pembimbing klinik, proses bimbingan di klinik

Full Text:

PDF

References


Akram, A. S., & Mohamad, A. (2018). The Role of Clinical Instructor in Bridging the Gap between Theory and Practice in Nursing Education. International Journal of Caring Sciences, Volume 11(Issue 2), Page 876.

Bura Mare, A. C., & Meidiana Dwidiyanti. (2018). Literature Review: Menjadi Preceptor yang Baik pada Program Preceptorship Perawat Baru. Jurnal Ners LENTERA, Vol. 6, No. 1. Retrieved from Email : agustinachriswinda@yahoo.com.

Cederbaum, J., & Klusaritz, H. A. (2009). Clinical Instruction: Using the Strengths-Based Approach with Nursing Students. Journal of Nursing Education, Vol. 48, No. 8 4, 48(8):423-424. https://doi.org/10.3928/01484834-20090518-01

Dadgaran, I., Parvizy, S., & Peyrovi, H. (2012). A global issue in nursing students"clinical learning: Theory-practice gap. Elsevier, Procedia-Social and Behavioral Sciences 47, 1713 – 1718. https://doi.org/doi: 10.1016/j.sbspro.2012.06.888

Niederriter, J. (2017). Nursing Students’ Perceptions on Characteristics of an Effective Clinical Instructor. SAGE Open Nursing, 3 : 1-8. https://doi.org/DOI: 10.1177/2377960816685571 journals.sagepub.com/home/son

O’Connor, A. B. (2015). Clinical Intruction and Evaluation (Third Edition). Retrieved from www.jblearning.com.

The Preceptor Role in Health Systems Management. (2019). Retrieved from E-mail: mhade@luc.edu

Tursina, A., Safaria, T., & Mujidin. (2016). Pengaruh Bimbingan Preceptorship Model Kognitif Sosial Terhadap Peningkatan Kompetensi Klinik pada Mahasiswa. PSIKOPEDAGOGIA, Vol. 5, No. 1, 79–87




DOI: http://dx.doi.org/10.46815/jkanwvol8.v8i1.43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View All Archives

Publisher
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngesti Waluyo
Jl. Pahlawan Parakan Temanggung
Telp. (0293) 596374
Faks. (0293) 596111