Hubungan Stress Psikososial Dengan Status Gizi Pada Mahasiswa Kesehatan Di Kabupaten Jember

Mad Zaini

Abstract


Stres merupakan respon tubuh tidak spesifik terhadap kebutuhan tubuh yang terganggu. Status nutrisi dapat diukur dari indeks massa tubuh. Kondisi psikologis sseeorang seringkali menyebabkan individu cenderung melakukan mekanisme coping mechanism. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian berjumlah 92 responden. Penelitian dilakukan di Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan di Kabupaten Jember. Berdasarkan analisis statistik diperoleh nilai signifikansi (p) yang didapatkan adalah 0,458 (p>0,05) yang artinya tidak ada hubungan yang bermakna antara tingkat stres psikososial dengan status gizi pada mahasiswa. Perubahan nutrisi pada kondisi stress dapat terjadi melalui adanya gangguan makan atau gangguan penyerapan gizi dalam tubuh. Kondisi psikologis seorang mahasiswa yang penuh stress akan menyebabkan individu cenderung melakukan mekanisme koping. Mekanisme koping dapat berupa positif dan negatif. Peneliti berpendapat bahwa stress psikososial tidak secara langsung berpengaruh pada status nutrisi, melainkan pada pola perilaku dalam pemenuhan nutrisi atau pola makan. Selain itu dampak stress psikososial akan dapat dinilai apabila kondisi stress berlangsung lama atau bersifat kronis.

Kata kunci : stress psikososial, status nutrisi


Full Text:

PDF

References


Andriani, M. dkk. 2012. Peranan gizi dalam siklus kehidupan. Jakarta: Prenada Media.

Brown, Judith E. et al. 2005. Nutrition Throught The Life cycle Second Edition. USA: Wadsworth.

Depkes RI. 2013. Laporan hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas) Nasional. Badan Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

http://www.depkes.go.id/article/view/18051600005/kenali-masalah-gizi-yang-ancam-remaja-indonesia.html

Husnah. 2012. Gambaran pola makan dan statsu gizi mahasiswa kuliah klinik senior (KKS) di bagian obsgyn RSUD Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Banda Aceh. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala Vol. 12 No. 1 April 2012.

Kemenkes RI. 2013. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. No. 1995/MENKES/SK/XIV 2010 tentang standart antropometri penilaian status gizi. Jakarta : Departemen Kesehatan RI.

Santrock. 2003. Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga

Sarafino, E.P. (2006). Health Psychology : Biopsychosocial Interactions. Fifth Edition.USA : John Wiley & Sons.

Sarwono. 2010. Psikologi Remaja. Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2010. Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta

Tirta Mutiara, Wirasto Ronny T, Huriyati Emy. (2010). Status stress psikososial dan hubungannya dengan status gizi siswa SMP Stella Duce 1 Yogyakarta. Jurnal Gizi Klinik Indonesia Vol. 6 No. 3, Maret 2010: 138-144.




DOI: http://dx.doi.org/10.46815/jkanwvol8.v8i1.38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View All Archives

Publisher
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngesti Waluyo
Jl. Pahlawan Parakan Temanggung
Telp. (0293) 596374
Faks. (0293) 596111