Pengetahuan Dengan Kemampuan Komunikasi Terapeutik Perawat Pada Pasien Anak Usia Prasekolah (Knowledge and Nurses' Therapeutic Communication Skills in Pre-School Age Patient)

Idayati Idayati, Diny Vellyana, Sondang Sondang

Abstract


Abstract

Having treatment in a hospital (hospitalization) is an unpleasant and threatening experience for everyone, especially for children who are still in the process of growth and development. One way to resolve this problem is to use therapeutic communication effectively which will and will be carried out nursing actions. To communicate with children, special approaches or techniques are needed so that the relationship can run well according to the child's growth and development. One of the predisposing factors according to Lawrencen Green's theory is knowledge, when a nurse has good knowledge, her ability in therapeutic communication will be good too. The aim of study is to determine the relationship of knowledge with the therapeutic communication skills of nurses in pediatric patients. This research uses survey analytic methode with crosssectional. Sample in the study were 66 nurses in inpatient rooms of Graha Husada Hospital,technique purposive samplingfor sampling.Data analysis using the Spearman Rank (Rho) correlation test with a significance level (α = 0.05)  is obtained p value 0.025 (p <0.05). There is relationship of knowledge with therapeutic communication ability of nurses in pediatric patients treated at Graha Husada Hospital  Bandar Lampung. Nurses are expected to be able to improve services in providing nursing care to pediatric patients, especially preschool age pediatric patients.

 

Abstrak

Berobat di rumah sakit (hospitalisasi) merupakan pengalaman yang tidakmenyenangkan dan mengancam bagi setiaporang,terutama bagi anak – anak yang masih dalam proses tumbuh kembang. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan komunikasi terapeutik secara efektif yang akan dilakukan tindakan keperawatan. Untuk berkomunikasi dengan anak diperlukan pendekatan atau teknik khusus agar hubungan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan tumbuh kembang anak. Salah satu faktor predisposisi menurut teori Lawrence Green adalah pengetahuan, bila perawat memiliki pengetahuan yang baik maka kemampuannya dalam komunikasi terapeutik juga akan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan keterampilan komunikasi terapeutik perawat pada pasien anak. Penelitian ini menggunakan metode survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah 66 perawat ruang rawat inap Rumah Sakit Graha Husada dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Analisis data menggunakan uji korelasi Spearman Rank (Rho) dengan tingkat signifikansi (α = 0.05) diperoleh dari niai p 0.025 (p<0.05). Ada hubungan pengetahuan dengan kemampuan komunikasi terapeutik perawat pada pasien anak yang di rawat di RS Graha Husada Bandar almpung. Perawat diharapkan mampu meningkatkan pelayanan dalam memberikan asuhan keperawatan kepada pasien anak khususnya pasien anak usia prasekolah.


Keywords


knowledge; ability; therapeutic; communication

Full Text:

PDF

References


Akhriansyah M, (2017). Hubungan Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Dengan Tingkat Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Usia Sekolah Yang Dirawwat DI RSUD Kayu Agung Tahun 2017. Skripsi; STIK Bina Husada Palembang. Tidak dipublikasi.

Aswad, Sutrisno., et al., (2015). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD dr. H. Chasan Boesoirie Ternate. E-journal Keperawatan (e-Kp), 3(2).

Burnsnader, S., CCLS., & Hernandezreif, M. (2014). Facilitating Play for Hospitalized Children Through Child Life Services. Department of Human Development and Family Studies. The University of Alabama.

Damaiyanti, (2008). Komunikasi terapeutik dalam praktik keperawatan. Diambil dari http://newspaper.pikiranrakyat.com/prpri.

Depkes RI. (2011). Target Tujuan Pembangunan MDGs. Jakarta: Direktorat Jendral Kesehatan Ibu dan Anak.

Hamid, Achir Yani. (2000). Buku Pedoman Askep Jiwa-1 Keperawatan Jiwa Teori dan Tindakan Keperawatan. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Akhriansyah, Mareta. (2018). Hubungan Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Dengan Tingkat Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Usia Sekolah Yang Dirawat Di RSUD Kayu Agung Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 18(1).

Marlen dkk. (2015). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Tingkat Stres Pasien di Ruang Neurologi Rumah Sakit Umum Daerah dr M.Haulussy Ambon. Jurnal Komunikasi, 9(2).

M. Chriseentine Tarsisia R. (2015). Komunikasi Terapeutik Dengan Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Usia Prasekolah. Skripsi. Tidak dipublikasi.

Miller, P. H. (2011). Theories of Developmental Psychology. New York: Worth Publisher.

Muhith A & Siyoto S. (2018). Aplikasi Komunikasi Therapeutic Nursing and Health. Yogyakarta : Andi Offset.

Notoatmodjo, S. (2010). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Patty M.F et all. (2015). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Tingkat Stres Pasien di Ruang Neurologi Rumah Sakit Umum Daerah dr M.Haulussy Ambon. Jurnal Komunikasi, 9 (2).

Radwan R. I. M & Mohamed H.E (2019). Preceived Barriers to Effective Therapeutic communication Between Pediatric Nurses and Mothers of Hospitalized Children at Alexandria University Children Hospital. American Journal of Nursing Research,7(5), 802-810, Doi: 10.122691/anjr-7-5-13.

Rizky, NS., Annisa., Lintang. (2015). Teori dan Konsep Tumbuh Kembang Bayi, Toddler, Anak dan Usia Remaja. Yogyakarta : Nuha Medika

Sarfika, Rika. (2018). Buku Ajar Keperawatan Dasar; Komunikasi Terapeutik Dalam Keperawatan. Padang: Andalas University Press

Smith, R. & Watkins, N. (2010). Therapeutic Environments. New York: Therapeutic Environments Forum.

Supartini, Y. (2014). Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: EGC.

Taylor, Ian. (2007). A Practical Guide to Assessment Centre’s and Selection Method: Measuring Competency for Recruitment and Development. United States: Kogan Page Limited.

Wong, D. (2009). Buku Keperawatan Pediatrik. Volume 1. Jakarta: EGC.

Wong D. L.,Whaly (2013). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Alih bahasa Sunarno,Agus dkk. Jakarta: EGC.




DOI: http://dx.doi.org/10.46815/jkanwvol8.v9i2.103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View All Archives

Publisher
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngesti Waluyo
Jl. Pahlawan Parakan Temanggung
Telp. (0293) 596374
Faks. (0293) 596111