Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Remaja Perempuan Dalam Pencegahan Keputihan (The Correlation Between Knowledge, Attitude and Behavior in Leucorrhea Prevention)

Filia V Tiwatu, Martinus Geneo, Gladis Ratuliu

Abstract


Abstract

Adolescents have very complex problems along with the transitional period experienced, one of which is unhealthy lifestyle. One of the main complaints of reproductive health problems in adolescent females is vaginal discharge. This is the second problem that occurs after menstrual disorders. Leucorrhea is an abnormal discharge other than blood from the vagina, with or without odors, and is accompanied by itching around the area. The objective of this study was to determine the relationship between knowledge, attitude and behavior of adolescent females in preventing leucorrhea in Kapataran, Kapataran 1 and Kayuroya villages, East Lembean districts. The type of research was an analytical survey with a cross sectional approach, the sampling technique used was purposive sampling, the number of samples are 40 respondents. The research data were obtained by a questionnaire on knowledge, attitudes and behavior of leucorrhea prevention on adolescent females and then analysed using Chi Square test with CI = 95% and α = 0.05. Statistical test result showed that there was a relationship between knowledge, attitudes and behavior of adolescent females in preventing leucorrhea in Kapataran Village, Kapataran 1 Village, and Kayuroya Village, East Lembean District.

 

Abstrak

Remaja mempunyai permasalahan yang sangat kompleks seiring dengan masa transisi yang dialami remaja salah satunya adalah pola hidup tidak sehat. Masalah kesehatan reproduksi remaja perempuan yang sering dikeluhkan salah satunya adalah keputihan. Hal ini merupakan masalah kedua yang terjadi setelah gangguan haid. Keputihan adalah keluarnya cairan selain darah dari liang vagina di luar dari kebiasaan, baik berbau ataupun tidak, serta disertai rasa gatal setempat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap dan perilaku remaja perempuan dalam pencegahan keputihan di desa Kapataran, Kapataran 1 dan Kayuroya kecamatan lembean Timur. Jenis penelitian adalah survey analitik dengan pendekatan Cross sectional, teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling, Jumlah sampel 40 responden. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner pengetahuan, sikap dan perilaku pencegahan keputihan pada remaja putri kemudian dianalisis menggunakan uji Chi Square dengan Cl = 95% dan α = 0,05. Hasil uji statistik ada hubungan antara perilaku pencegahan keputihan dengan pengetahuan, sikap dan perilaku remaja. Simpulan terdapat hubungan antara pengetahuan, sikap dan perilaku remaja perempuan dalam pencegahan keputihan di Desa Kapataran, Desa Kapataran 1, dan Desa Karuyora Kecamatan Lembean Timur.

 


Keywords


adolescent; leucorrhea prevention

Full Text:

PDF

References


Anggraini, I. A. (2016). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Pencegahan Keputihan Patologis Mahasiswi Semester VI Prodi Ilmu Keperawatan di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Naskah Publikasi UNISA, 8.

Azizah dan Widiawati. (2015). Karakteristik Remaja Putri dengan kejadian Keputihan Di SMK Muhammadiyah Kudus,V1, 57-58

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. (2012). Infeksi Menular Seksual dan HIV/AIDS. Jakarta: UNESCO.

Bahari, Hamid. 2012. Cara Mudah Atasi Keputihan. Jakarta: Buku Biru

BPS (Badan Pusat Statistik) dan ORC MACRO. (2010) Survey Kesehatan Reproduksi Remaja Indonesia. Calveston, Maryland, USA : BPS dan ORC Macro.

Curtis, Glade A. (2011) 17 Kehamilan: apa yang anda hadapi perminggu. Jakarta:Arcan. hlm 188

Depkes, RI. (2009). Kesehatan Reproduksi. UNFPA. Jakarta

Gampu, H. T. H., Onibala, F., & Kundre, R. (2018). Hubungan Sikap Dan Perilaku Remaja Putri Dengan Pencegahan Keputihan Di Sma N 3 Tahuna Barat Kabupaten Kepulauan Sangihe. 6, 8.

Infodatin. (2014). Situasi Kesehatan reproduksi Remaja. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Juliana, E. et al. (2015). Hubungan Pengetahuan Remaja Putri Tentang keputihan Dengan Perilaku Pencegahan keputihan di SMK BOPKRI 2 Yogyakarta.

Mokodongan. (2015). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Keputihan Dengan Perilaku pencegahan Keputihan Pada Remaja Putri. e-journal Keperawatan (e-Kp)

Nursalam & Efendy. 2008. Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika

Putri, Ori P. (2014) Gambaran Tingkat Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri terhadap Keputihan di SMA Negeri 2 Pontianak. FKUniversitas Tanjungpura

Rahmi, Egi Yunia., Arneliwati., Erwin. (2014). faktor perilaku yang mempengaruhi terjadinya keputihan pada remaja putri. FIK-UNRI.

Sari, P. M. (2016). Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Remaja Dengan Kejadian Fluor Albus Remaja Putri SMK FX Kediri. Jurnal Wiyata, Vol. 3 No. 1.

Sari, R. P. (2012). Hubungan Pengetahuan Dan Prilaku Remaja Putri Dengan Kejadian Keputihan Di Kelas XII Sma Negeri I Seunuddon Kabupaten Aceh Utara. J Kesehat Masy.

Widyasari. 2014 Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Pencegahan dan Penanganan Keputihan Patologis Pada Mahasiswa Kebidanan STIK. htttp://pskb.binahusada.ac.id/sites/default/files/files/jurnal%20dian%

Wulandari (2014). Hubungan Pengetahuan Personal Hygiene Dengan Sikap dan Perilaku Mencegah Leukorhea Pada Remaja Putri di SMK DWIJA DHARMA.http://pskb.binahusada .ac.id/sites/default/files/files/jurnal%20dian%202014.pdf

World Health Organization, (2010). The Sexsual and reproductive health of younger adolescents.




DOI: http://dx.doi.org/10.46815/jkanwvol8.v9i2.102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View All Archives

Publisher
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngesti Waluyo
Jl. Pahlawan Parakan Temanggung
Telp. (0293) 596374
Faks. (0293) 596111